• Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur yang saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan atau mencapai sasaran tertentu atau suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi atau terkait.
• Komponen sistem:
a. Komponen (component) : sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi dan membentuk suatu kesatuan.
b. Batas (boundary) : daerah yang membatasi antara sistem dengan lingkungan luarnya. Batas sistem menunjukan ruang lingkup suatu sistem.
c. Lingkungan luar (environment) : apapun diluar sistem yang mempengaruhi operasi sistem : Lingkungan sistem dapat mempunyai pengaruh yang merugikan dan menguntungkan.
d. Penghubung sistem atau antarmuka (interface) : merupakan penghubung atau antarmuka antara suatu subsistem dengan subsistem yang lain. Dengan antarmuka ini beberapa subsistem dapat digabung menjadi suatu sistem.
e. Masukan sistem (input) : masukan kedalam sistem, terdiri maintenance input dan signal output.
Maintenance input : masukan untuk membuat sistem dapat beroperasi. Contohnya program komputer.
Signal input : masukan yang diproses untuk mendapatkan keluaran.Contoh data.
f. Keluaran sistem (output) : hasil masukan yang diolah, dapat menjadi masukan subsistem lain.
g. Pengolah sistem (process) : prosedur yang mengolah masukan menjadi keluaran. Contohnya data transaksi diolah menjadi laporan pada pihak manajemen.
h. Sasaran sistem (objectives) atau tujuan (goal): tujuan yang ingin dicapai oleh sistem
• Informasi: Sesuatu yang dapat mengurangi ketidakjelasan tentang keadaan atau suatu kejadian
• Sistem Informasi : kumpulan dari komponen-komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan( menemukan/ retrieve), memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan, mengendalikan organisasi, menganalisis permasalahan, serta dapat menciptakan produk.
• Komponen pembangunan SI:
o Blok Masukan : mewakili data yang masuk kedalam sistem, termasuk media dan metode untuk menangkap data.
o Blok Model : terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika untuk memanipulasi data untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
o Blok Keluaran : informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
o Blok Teknologi : piranti untuk menerima masukan, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan keluaran, dan mengendalikan sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari tiga bagian yaitu hardware, software dan brainware.
o Blok Basis Data : kumpulan data yang saling terkait, tersimpan diperangkat keras dan dipergunakan untuk menghasilkan informasi.
o Blok Kendali : untuk menjaga agar sistem berfungsi sebagaimana yang diinginkan, misalnya dari ganguan bencana alam, sabotase dan lain-lain.
• Strategi: pilihan tentang apa yang ingin dicapai oleh organisasi dimasa depan (arah) dan bagaimana cara mencapai keadaan yang diinginkan tersebut (rute).
• Perencanaan Strategis adalah proses penentuan sasaran masa depan dari organisasi sebagai respon terhadap kesempatan dan ancaman yang diketahui serta dengan mengenali kekuatan dan kelemahan organisasi, untuk selanjutnya dipilih aktifitas-aktifitas dan alokasi sumber daya untuk mencapai sasaran tersebut.
• Perencanaan Strategis Bisnis Proses untuk menyediakan arah dan sasaran jangka panjang bagi perusahaan sesuai dengan kekuatan internal serta menentukan strategi-strategi untuk mengatasi ancaman eksternal sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Perencanaan Strategis Untuk Sistem Informasi untuk menentukan sistem informasi yang dibutuhkan dalam mendukung strategi bisnis, sehingga strategi berkonsentrasi untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dan memastikan bahwa system informasi selaras dengan strategi bisnis
• manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.atau Sebagai ‖Subyek‖, manajemen adalah orang (atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan tersebut.
• SI Manajemen :penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
• Tingkatan manajemen:
o Manajemen tingkat atas (top level management) terdiri dari : direktur utama (president), direktur (vice manager) dan eksekutip lainnya: kegiatanya:Perencanaan strategi (strategic planning), mendukung aktivitas rencana jangka panjang dari senior manajemen
o Manajemen tingkat menengah (middle level management) terdiri dari : manajer-manajer divisi dan manjer-manajer cabang kegiatannya: Pengendalian manajemen/ Kontrol (management control), mendukung pengendalian, monitoring, sistempenunjang keputusan dan aktivitas administrasi dari manajemen menengah
o Manajemen tingkat bawah (lower level management) disebut operating management meliputi mandor dan pengawas.
• Fungsi dari manajerial:Planning : Membuat perencanaan ,Organizing : Mengorganisir sumber daya yang ada, supaya planning dapat tercapai,Actualiting : Bagaimana melaksanakannya,Controlling : Melakukan pengendalian
• Tujuan Mempelajari Sistem Informasi Manajemen
Memandang bahwa, nilai dari informasi amatlah berharga oleh karena itu harus dikelola dengan baik. Sebagai seorang wirausaha, staff manajemen atau terlebih sebagai manajer, harus dapat menghargai dan mapu mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan atau usahanya.
• TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin, seperti daftar gaji dan inventarisasi.
• OAS yang mendukung pekerja data, yaitu menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau memanipulasinya dengan cara-cara tertentu sebelum menyebarkannya secara keseluruhan, dengan organisasi dan, kadang-kadang diluar itu.
• MIS adalah sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang bekerja karena adanya interaksi antara manusia dan komputer.
• Decision Support System (DSS): DSS didefinisikan sebagai hasil dari pengembangan proses dimana user DSS, DSS builder, dan DSS itu sendiri, semuanya bisa saling mempengaruhi, yang tercermin pada evolusi sistem itu dan pola-pola yang digunakan.
• Sistem Ahli/ Pakar dan Kecerdasan Buatan(AI): kegiatan menyediakan mesin komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap cerdas jika itu diamati pada manusia. AI menggambarkan aplikasi komputer tercanggih saat ini, dengan mencoba menyerupai beberapa jenis penalaran manusia
• Group Decision Support Systems: sistem yg digunakan di ruangan khusus yang dilengkapi dengan sejumlah konfigurasi yang berbeda-beda, memungkinkan anggota kelompok berinteraksi dengan pendukung elektronik-seringnya dalam bentuk perangkat lunak khusus-dan suatu fasilitator kelompok khusus.
• Executive Support Systems: membantu para eksekutif mengatur interaksi mereka dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor.
• BEDA Expert System(ES) dengan DSS := DSS terdiri dari routines yang mencerminkan cara yang diyakini manajer untuk memecahkan masalah, seperti halnya gaya dan kemampuan manajer. Sistem Pakar sebaliknya menawarkan kesempatan untuk membuat keputusan yang melebihi kemampuan manajer. Contohnya seorang pejabat investasi baru suatu Bank dapat menggunakan Sistem Pakar yang dirancang oleh seorang pakar investasi terkemuka, dan saat menggunakannya menyatukan pengetahuan itu ke dalam keputusan investasi. = Antara Sistem Pakar dan DSS adalah kemampuan Sistem Pakar untuk menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sering penjelasan mengenai cara pemecahan diperoleh lebih berharga dari pemecahan itu sendiri.
• E-Business mengacu kepada penggunaan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses bisnis utama pada perusahaan, termasuk aktivitas untuk pengelolaan internal perusahaan dan untuk koordinasi dengan pemasok dan rekan bisnis lainnya. E-Commerce adalah bagian dari e-business yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet, hal ini juga meliputi aktivitasyang menunjang transaksi pasar tersebut, seperti periklanan, pemasaran, dukungan pelanggan, keamanan, pengiriman dan pembayaran.
• Empat aplikasi perusahaan utama atau empat sistem utama yang mendeskripsikan perusahaan digital:
o Sistem Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management (SCM) System)
Membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok mereka.Tujuan: untuk mendapatkan jumlah produksi yang tepat dari sumbermereka menuju titik konsumen dengan jumlah waktu tersingkat dan dengan biaya terendah.
o Sistem Perusahaan (Enterprise System atau Enterprise Resource Planning (ERP): Menyelesaikan masalah ini dengan mengumpulkan data dari beragam proses bisnis inti pada manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, penjualan dan pemasaran, serta sumber daya manusia dan menyimpan data pada penyimpanan data pusat tunggal.
o Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management System (KMS)): Memungkinkan organisasi untuk lebih baik dalam mengelola proses pemerolehan dan penerapan pengetahuan dan keahlian. Sistem ini mengumpulkan seluruh pengetahuan dan pengalaman relevan dalam perusahaan.
o Dillema: Situasi yang memerlukan pilihan diantara opsi yang nampaknya sama kurang baiknya/ tidak mendukung atau mutual eksklusif / sama-sama eksklusif.
• Ada empat kategori utama gejala persoalan IT distress (keadaaan yang sukar/ bahaya pada IT), sebagai berikut :
1. Kepuasan bisnis: Tingkatan kepuasan dan keyakinan bahwa departemen IT merupakan bagian dari bisnis. Gejala:Pimpinan unit bisnis dikecewakan dengan kinerja IT dan dukungan untuk inisiatif mereka serta syarat/ keperluan dari hari-ke-hari
2. Penganggaran: Pengeluaran IT, termasuk biaya sumber penghasilan internal, services, dan pengeluaran modal.gejala: Ekspansi/ perluasan setahun demi setahun pada anggaran belanja IT tanpa berasosiasi/ berhubungan dengan ekspansi volume bisnis.
3. Proyek: IT mendukung bagi proyek-proyek bisnis; perangkat lunak internal dan penyebaran perangkat keras.gejala:Tidak ada catatan/ dokumentasi keberhasilan proyek yang telah selesai (riwayat keberhasilan proyek)
4. Staff: Manajemen sumber daya manusia IT, semangat juang tim, dan pengaturan IT.Gejala:Tidak merasa memiliki/ rasa kepemilikan yang tidak ada dari hasil IT, terutama manajemen IT.+Kekhawatiran staf IT/ Tingkat kekhawatiran yang sangat tinggi dalam hal masa depan staf.
• Penyebab Utama dan Penyebab Paling Dekat Ketidakberhasilan IT:
1. Ketidak teraturan bisnis : perubahan bisnis dikarenakan oleh tekanan eksternal atau internal didalam bisnis itu sendiri, pada perubahan radikal di departemen IT.
2. Manajemen vendor: Penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, dan penjual pelayanan-pelayanan tidak mampu untuk mendukung bisnis; pilihan yang sedikit dan terus menerus melemahkan manajemen penjual.
3. Staf dan komunikasi : pimpinan yang belum berpengalaman memindahkan/ menjauhkan Tim IT dan bisnis; bisnis menggunakan ketidakberhasilan IT sebagai suatu permohonan agar dibebaskan dari kekurangannya.
4. Finansial dan manajemen resiko: Tim tidak mengerti hubungan kritis diantara pengeluaran dan keuntungan pada departemen IT, cost-reduction, atau tambahan pendapatan; Tim tidak membuat efektifitas cost-benefit trade-offs.
• Langkah-langkah Untuk Keberhasilan IT Management:
1. Memperbaiki/ meningkatkan manajemen IT.contoh:Melaksanakan peraturan komisi pengendalian IT ―virtual CIO‖ menyediakan pendapat/ nasehat dan kepemimpinan untuk direktur IT serta dapat membantu dengan cepat memisahkan antara persoalan bisnis dan IT.
2. Penambahan dasar disiplin manajemen proyek ciontoh:Establish a single, dokumentasi yang baik dalam inventaris master proyek.
3. Pengelolaan vendors:Menyatakan dengan tegas pada perjanjian dan menetapkan harga sebagai hasil/ penukar/ keuntungan vendor exclusivity.
4. Manajemen fiskal/ penganggaran:Perusahaan-perusahaan harus menghasilkan 10 dolar pada pendapatan untuk ke depan setiap 1 dolar menghabiskan IT dalamnya.
5. Memajukan hubungan dengan bisnis:Direktur IT harus memiliki kuota untuk makan siang per minggu dengan manajer unit bisnis, manajer fungsional, atau anggota komite pengarah TI.
• Tipe Keputusan Manajemen:
1. Manajemen tingkat atas : Keputusan tidak terstruktur (unstructured decision), mempunyai sifat : Tidak terjadi berulang-ulang,Tidak terprogram.Tidak terstruktur,Tidak mudah diprediksi.Informasi tidak mudah tersedia
2. Manajemen tingkat menengah : Keputusan setengah terstruktur (semi structured decision), sifatnya adalah sebagian yang dapat diprogram sehingga masih membutuhkan pertimbangan, keputusan tipe ini seringnya rumit dan membutuhkan perhitungan-perhitungan serta analis yang terinci. Misalnya adalah keputusan membeli system komputer yang lebih canggih.
3. Manajemen tingkat bawah : Keputusan terstruktur (structured decision), mempunyai sifat : Berulang-ulang.Terprogram,Terstruktur,Mudah diprediksi,Informasi umumnya mudah tersedia.
• Peran Seorang Manajer
o Interpersonal rule (berperan sebagai pemimpin, berhubungan dengan orang lain):Figurhead (sebagai panutan),Leader (sebagai pimpinan),Liaison (sebagai penghubung).
o Informational rule (dapat melihat organisasi secara utuh dan menyeluruh):Monitor(melakukan monitoring),Disseminator (menyebarkan informasi dan kebijakan),Spokesperson (sebagai juru bicara).
o Decisional rule (sebagai pengambil keputusan):Entrepreneur (sebagai pengusaha),Disturbance handler (mampu mengatasi gangguan),Resource allocator (dapat menempatkan sumber daya),Negotiator (mampu bernegosiasi).
• Kompetensi Manajer Sistem Informasi:Technical,bussines,System.
• Berikut pengetahuan dan keahlian yang sangat diperlukan bagi seorang analis sistem :
o Pengetahuan dan keahlian tenetang teknik pengolahan data, teknologi komputer dan pemrograman komputer.
o Pengetahuan tenatang bisnis secara umum.
o Pengetahuan tentang metode kuantitatif.
o Keahlian pemecahan masalah.
o Keahlian komunikasi antar personil.
o Keahlian membina hubungan atar personil
• Tugas analis dibanding pemrogram:
o Pemrogram:Tanggung jawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer, Pengetahuan pemrogram cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa pemrograman yang diperlukan, Pekerjaan pemrogram sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program, Pekerjaan pemrogram tidak menyangkut hubungan banyak orang, terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) programnya.
o Analis sistem:Tanggung jawab analis sistem tidak hanya pada pembuatan program komputer saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan, Pengetahuan analis sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya, Pekerjaan analis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar, Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesama analis sistem, pemrogram, tetapi juga pemakai sistem dan manajer.
• Elemen Elemen Yang Membentuk AI :1. Development Engine (Alat Pembentuk) yang digunakan untuk membangun AI.2. Knowledge Base (Bank Pengetahuan) yang berisi pengetahuan dalam bentuk cuplikan fakta, data, contoh atau hubungan.3. Enference Engine (Alat Penganalisis) yang mengatur susunan pengetahuan yang disimpan di Bank Pengetahuan, sehingga dapat digunakan oleh pemakai dengan mudah.4. User Interface (Alat Interaksi Dengan Manusia) yang menghasilkan laporan, jawaban beserta penjelasan.
Empat model sistem pakar:User interface(Memungkinkan manajemen untuk memasukan instruksi dan informasi ke dalam sistem pakar dan menerima informasi dari sistem pakar).knowledgebase(Memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah, dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut cocok satu dengan yang lainnya dalam urutan yang logis),inference engine(bagian dalam sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan tertentu),development engine(Digunakan untuk menciptakan sistem pakar, pada dasarnya proses ini melibatkan pembuatan perangkat aturan).
• Empat Perubahan di Seluruh Dunia yang Telah Mengubah Lingkungan Bisnis:Munculnya ekonomi global,Transformasi ekonomi industri,transformasi dari enterprise bisnis,munculnya digital firm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar